Menu Lebaran, Begini Cara Mudah Bikin Ketupat

Ilustrasi Ketupat/Net
Ilustrasi Ketupat/Net

Ketupat dan Lebaran merupakan hal yang tak terpisahkan. Ya, ketupat telah menjadi makanan khas Lebaran bagi seluruh umat Muslim yang ada di Indonesia.


Seperti dimuat Kantor Berita RMOLSumsel, proses pembuatan ketupat memakan waktu yang cukup lama. Makanan berbahan dasar beras ini membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam yang dilakukan dengan cara direbus. Pembuatannya juga harus dilakukan dengan teliti. Salah-salah, adonan ketupat bisa hancur dan tak terbentuk dengan baik.

Berikut ini tips dan trik cara membuat ketupat dengan benar:

Pilih Selongsong Ketupat yang Tepat

Pilih selongsong yang rapat, rapi. dan lebar janur yang seragam. Kalau renggang, beras bisa berhamburan dan lembek. Selain itu, pilih anyaman ketupat yang ukurannya sama. Tujuannya agar ketupat bisa matang merata dan berbarengan.

Siapkan dan Cuci Beras

Agar ketupat empuk, pilihlah beras yang pulen seperti rojolele atau pandan wangi. Sebab, beras yang pera biasanya masih menyisakan buliran nasi.Kemudian, cuci beras hingga benar-benar bersih. Beras yang kotor akan lebih cepat basi, lho! Setelah itu, rendam beras selama 30 menit hingga 1 jam.

Isi Selongsong Ketupat

Ada 2 cara pengisian untuk beras yang pulen. Pertama, bila ingin ketupat agak padat, isi â…” bagian selongsong. Namun, untuk ketupat yang lebih lembut, isi â…— bagian. Sedangkan, beras pera cukup isi â…“ bagian saja.

Ingat, setelah diisi, selongsong harus dirapatkan kembali. Caranya, dengan menarik tiap ujung daun. Pelan-pelan jangan sampai berkerut, ya!

Rebus dalam Air Mendidih

Saat mengisi selongsong ketupat, didihkan air dalam dandang/panci besar. Isi air hingga kira- kira seluruh ketupat terendam. Lalu, masak air hingga mendidih.

Setelah air mendidih, rebus ketupat selama 4-5 jam dengan api sedang. Lama waktu perebusan tergantung banyaknya ketupat dan beras yang digunakan. Pastikan seluruh permukaan ketupat terendam air, ya! Soalnya, bagian yang tidak terendam akan jadi lembek dan cepat basi.

Anda juga bisa pakai pressure cooker. Cara perebusannya sama, yaitu saat air sudah mendidih. Pressure cooker bantu buat waktu perebusan jadi lebih cepat, yaitu hanya 1-1.5 jam saja.

Saat direbus, cek secara berkala. Jika air sudah menyusut, tambahkan lagi air dalam panci/pressure cooker. Lalu cek ketupat, caranya dengan ditusuk lidi atau garpu kecil. Kalau padat dan tidak lengket berarti sudah matang.

Tiriskan Ketupat

Kemudian, lap lendir dan tiriskan ketupat. Caranya, gantung ketupat pada tempat terbuka dan biarkan terkena angin. Ketupat yang basah dan berlendir bisa cepat basi. Maka dari itu, pastikan tidak ada air yang tersisa.